Pengertian Hidroponik Dan Aquaponik

foto merupakan hasil tanam dari instalasi kami sendiri

Kali ini kita akan membahas mengenai pengertian hidroponik dan aquaponik yang pastinya akan sangat menarik bagi kalian yang memang menyukai dunia pertanian. Perlu diketahui terlebih dahulu bahwa kedua metode tersebut meruapakan metode pertanian modern yang akan sangat efektif apabila diterapkan. Yang pertama akan kita bahas adalah mengenai pertanian hidroponik.

Perlu diketahui bahwa hidroponik merupakan metode pertanian yang tidak menggunakan media tanah sebagai media tanam melainkan menggunakan air. Dengan menggunakan media air maka kalian akan tetap bisa bertani meskipun kalian tidak memiliki  lahan atau ladang. Dalam pembuatan lahan untuk hidroponik biasanya petani menggunakan paralon dan juga botol bekas. 

Untuk hidroponik ini sendiri sudah bisa di aplikasikan dengan berbagai jenis tanaman baik iitu sayuran atau juga buas buahan. Dengan menggunakan metode hidroponik maka hasil yang akan di dapatkan akan menjadi lebih banyak dan tentunya lebih sehat. Karena dengan menggunakan system hidroponik maka tidak aka nada campuran pestisida atau yang lainnya.

Dalam memahami pengertian hidroponik dan aquaponik kalian juga harus mengetahui apa itu pertanan aquaponik. Perlu diketahui bahwa aquaponik merupakan metode bertanam yang memungkinkan petani bukan hanya bertanam tanaman saja melainkan juga bertenak ikan. Untuk lebih singkatnya metode aquaponik ini mengkombinasikan antara metode hidroponik dengan metode budidaya hewan air.

Dengan menggunakan metode aeroponik maka petani akan sangat efisien karena petani bisa menghasilkan ikan dan tanaman secara bersamaan. Dimana antara tanaman dan juga ikan tersebut akan bisa saling menguntungkan tanpa merugikan satu sama lain. beberapa jenis sayuran yang bisa di tanam menggunakan metode aquaponik antara lain seperti tomat, paprika, buncis, kancang polong, ubi jalar dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk ikan yang bisa di budidayakan antara lain seperti ikan jenis air tawar, seperti ikan lel, patin, nila, mas, lobster air tawar dan belut. Itu tadi beberapa pembahasan mengenai pengertian hidroponik dan aquaponik. Entah apapun metode pertaniannya apabila kalian melakukannya secara sungguh sungguh maka hasil yang akan di dapat juga akan maksimal.


EmoticonEmoticon